Jumat, 20 Maret 2015

SEJARAH SUSUH/GOA ANGIN CANDI SUKUH, kabupaten karangnyar

GOA SUSUH ANGIN, goa susuh angin yang berada diselatan atas candi sukuh ini banyak orang belom tau keberadaanya, karena letaknya yang jarang dilewati dan hanya seperti lobang batu yang berukuran tidak lebih dari 1m saja sehngga banyak orang yang tidak tau akan keberadaanya.

goa ini pertama kali diketahuai oleh seseorang abdi dalem kraton surakarta hadiningrat yang mendapatkan firasat tentang keberadaanya, melalui perjalanan spiritual. perjalanan itu dimulai pada malam jum'at keliwon saat pisowanan dikraton surakarta, pada saat pisowanan tersebut diberikanlah dawuh kepada abdi dalem untuk mencari GOA SUSUH ANGIN!!! 

pada hari jum'at tepatnya jam 10.00 wib perjalan pencarian pun dilakukan oleh beberapa abdi dalem kecandi sukuh yang hanya berdasarkan firasat dan dawuh ghaib. pada saat pencarian yang tak tau dimana letaknya tersebut memakan waktu berjam-jam bahkan para abdi dalem pun sempat berhenti beberapa jam untuk istirahat dan menjalankan sholat jum'at.... pada saat selesai sholat itulah perjalanan kembali dilakukan, pada saat pencarian terbesit suara "yen sliramu golek omah kui kudu gowo sobo sito lan kudu jaluk pitulungan gusti ora waton mlaku" saat itulah para abdi dalem berhenti dan melakukan doa dan ritual kecil untuk mencarinya...
beberapa saat setelah ritual dan doa dipanjatkan terdengar suara untuk ke dua kalinya "papan dunung kang bodho kok golek'i manggon ono duwur" ahirnya para abdi dalem pun semua serentak menengok ke atas dan mencarinya dengan melihat ke atas... tapi beberapa jam p[un berlalu dan duduh angin itu tidak ditemukan. diambang keputus asaan rombongan abdi dalem ini pun istirahat sambil bercakap-cakap.

disaat bercakap inilah suara ketiga kembali terdengar "ora kabeh kang panggonan duwur iku ono awang-awang" pada saat itu lakh semua para abdi dalem ini sadar bahwa letaknya bukan diatas awan tapi bisa jadi di tebing....

beberapa saat setelah itu GOA SUSUH ANGIN  yang dicari pun ditemukan dengan tanda munculnya se-ekor ular hijau bercorak kehitam-hitaman putih dari balik batu, setelah ular itu pergi para abdi dalem pun bergegas mendekati batu itu,ternya apa yang dicari berjam-jam benar adanya dibalik batu munculnya ular tersebut.. setelah batu disingkirkan angin pun keluar dari dalam goa.

keanehan yang ditemui dari goa angin candi sukuh ini adalah ukuranya kecil tapi dari dalam tanah atau goa yang dalamnya hanya sekitar 2meter ini menghembuskan angin yang sangat-sangat dingin bahkan suhunya mencapai 10 derajat celcius atau kalau dimalam hari hembusan angin dari goa bisa mencapai 3 derajat celcius. 

konon beberapa orang yang setelah goa ini ditemukan beberapa orang mendapatkan cinderamata dari dalam goa inten,permata dll

bagi yang ingin datang kesana silahkan ambil jalur treal dari candi sukuh lurus aja, gapura ambil kanan dan mengikuti jalan jalur treal sampai bertemu papan pengumuman warna hijau, tapi kalau tidak tau bisa bertanya pada warga sekitar,karena memang karena goa ini sangat kecil banyak orang yang tidak tau menau akan keberadaan goa ini... 


1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus